Skip to main content

Pengertian Kebugaran Jasmani dan Komponennya


Pengertian Kebugaran Jasmani dan Komponennya
Secara umum, pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk melakukan tugas fisik, terutama karena mereka berhubungan dengan olahraga atau pekerjaan.  Namun, karena kebugaran jasmani ini mencakup berbagai macam kemampuan, itu berarti setiap kegiatan olahraga atau pekerjaan akan berbeda kemampuannya untuk setiap orang. 


Kebugaran jasmani sangat penting dari kehidupan. Ini adalah indikator yang menunjukkan apakah kita memiliki kemampuan untuk melakukan dan menikmati dari hari ke hari kegiatan fisik dengan mudah.

Kebugaran jasmani umumnya dapat dicapai melalui;

• Aktivitas fisik dan olahraga,
Kebugaran jasmani bisa digunakan untuk parameter pengukuran kinerja paru, jantung dan otot baik selama berolahraga maupun saat istirahat. Sebuah latihan rutin yang dilakukan untuk meningkatkan atau mempertahankan kinerja  ini umumnya dikenal sebagai program kebugaran fisik/jasmani. Mengikuti jenis program ini dengan serius dapat menurunkan risiko kita untuk sejumlah kondisi kesehatan kronis.

Secara fisik, kondisi tubuh dikatakan Fit jika dapat melakukan tugas sehari-hari dengan mudah dan memiliki banyak energi yang tersisa untuk kegiatan rileks meskipun ada kondisi tertentu menuntut situasi darurat secara fisik.

Berikut ini komponen-komponen kebugaran jasmani melalui Aktifitas fisik dan olahraga karena  aktivitas fisik ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan;

1. Kekuatan
Kekuatan adalah salah satu dari empat latihan fisik dasar yang ditentukan oleh kapasitas otot. Seorang yang memiliki kekuatan ini dapat dengan mudah membawa berat badannya sendiri atau bahkan membawa benda berat tanpa bantuan dari orang lain. Meningkatkan dan mempertahankan kekuatan umumnya memungkinkan seseorang untuk tetap bisa mengerjakan sesuatunya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Beberapa latihan yang digunakan untuk melatih kekuatan bertujuan untuk melatih otot memiliki kekuatan meliputi segala bentuk latihan kekuatan seperti push-up atau angkat berat, dan lain-lain.

2. Daya Tahan (KARDIOVASKULAR)

Daya tahan adalah latihan fisik dasar lain yang ditentukan oleh kapasitas seorang individu untuk mengoptimalkan fungsi kardiovaskular yang pada gilirannya membantu dia mudah melaksanakan kegiatan fisik sehari-hari yang berbeda. Meningkatkan dan mempertahankan daya tahan dengan demikian berarti menjaga jantung, paru, dan seluruh sistem peredaran darah sehat.
Beberapa latihan yang digunakan untuk melatih daya tahan termasuk berjalan cepat atau jogging, menari, berenang, Bersepeda, memanjat tangga atau bukit, bermain tenis, dan bermain basket antara lain. Ketahanan kardiovaskular dapat didefinisikan sebagai komponen yang membantu untuk menentukan apakah jantung dan paru bekerja dalam kondisi baik. Ini menunjukkan kemampuan tubuh untuk memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan. Latihan kardiovaskular meliputi aerobik-berjalan, berlari, bersepeda, dayung, treadmill

3. Keseimbangan 
Keseimbangan adalah salah satu dari empat latihan fisik dasar ditentukan oleh kapasitas seorang individu untuk mempertahankan garis gravitasi dari tubuh dalam dasar dukungan dengan ayunan postur minimal. Meningkatkan dan mempertahankan keseimbangan memungkinkan seseorang untuk mencegah jatuh atau mempertahankan keheningan di berbagai posisi tubuh atau situasi yang berbeda. 

Hal ini juga membantu mempertahankan atau memperbaiki postur tubuh yang tepat.
Beberapa latihan yang digunakan untuk melatih keseimbangan antara lain termasuk berdiri pada satu kaki, berjalan dengan menggunakan tumit, dan lain-lain.

4. Fleksibilitas
Fleksibilitas juga merupakan latihan fisik dasar ditentukan oleh kemampuan individu untuk melakukan gerakan tubuh dalam berbagai gerakan atau dengan kata lain, untuk memiliki lebih banyak kebebasan bergerak. Meningkatkan dan mempertahankan fleksibilitas memungkinkan seseorang untuk melakukan kegiatan fisik lainnya tanpa risiko cedera atau sakit.
Beberapa latihan yang digunakan untuk melatih fleksibilitas antara lain meliputi latihan peregangan yang berbeda seperti peregangan lengan, peregangan betis, dan bahkan yoga.

• Nutrisi yang benar,
Dengan kata lain perbaningan jumlah lemak dalam tubuh dan otot. Minimum lemak dan maksimum lemak bersandar massa adalah tanda yang sehat dan bugar tubuh. Salah satu cara termudah untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh adalah dengan rutin setiap hari minum jus nanas yang segar.

• Cukup istirahat (tidur berkualitas baik),
Tidur nyenyak membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mendukung kesehatan jantung, dan mengendalikan stres dan kecemasan.

• Manajemen stres dan relaksasi.
Kita semua terbiasa dengan stress, itu merupakan kenyataan kehidupan. Dengan kecepatan waktu di era kehidupan modern yang cepat, rasanya semakin sulit untuk bersaing. Dan ini dapat membuat dampak negatif dari stres tersebar luas serta berkembang.

Reaksi stres kita dipicu pada saat kita dihadapkan dengan tuntutan yang luar biasa. Tuntutan bisa besar atau juga bisa kecil, dan itu kita sendiri yang tahu akan dampaknya. Tekanan kuat yang kita rasakan tidak sanggup menanggulangi akibat stres, dan dengan kondisi yang berkelanjutan terhadap respon ini bisa berakibat pada kesehatan fisik, emosional dan mental.

Dengan pemikiran ini, mempelajari metode yang pas untuk mengelolah stress menjadi sangat penting dan berarti. Setelah mempelajari dan mempraktekkan metodenya, maka suasana hati menjadi lebih stabil, pikiran menjadi lebih jelas, hubungan membaik, dan resiko penyakit menurun.

Menurut salah satu pimpinan pelatihan pada kebugaran fisik dan olahraga. Biasanya, individu yang bugar jasmaninya memiliki ketahanan yang unggul dan tingkat stres yang lebih rendah bila dibandingkan dengan individu yang tidak layak. 

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar