Skip to main content

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh


Labu Siam (Chayote) mungkin tidak sepopuler sayuran lainnya, tetapi sebenarnya memiliki rekam jejak yang sangat baik untuk  kesehatan. Sebagai permulaan, labu tidak mengandung kolesterol dan lemak tidak sehat, dan biasanya dianjurkan untuk mengendalikan kadar kolesterol jahat dan mempromosikan berat badan yang sehat. Selanjutnya, labu Siam adalah sumber yang kaya serat makanan, magnesium, fosfor, kalium, Vitamin C dan Kolin.

Tergolong sayur hijau muda berbentuk seperti buah pir. Dalam ilmu biologi sayuran ini tergolong famili Cucurbitaceae atau labu. Labu ini memiliki rasa ringan dan tekstur yang sedikit renyah yang menyerupai kombinasi mentimun dan kentang.

Sayuran ini memiliki lapisan tipis kulit hijau pucat, dengan beberapa alur vertikal dangkal di permukaan. Labu Siam juga datang dalam varietas yang berbeda, yang dapat dengan mudah dibedakan oleh tekstur permukaan dan warna sayuran.

Labu siam tumbuh seperti  pohon anggur (dengan merambat), dengan sulur yang memungkinkan tanaman untuk memanjat dan menggunakan media baik dari bambo atau kayu yang dipasang sesuai dengan area tanam.   Karena labu siam sendiri bisa tumbuh dan berkembang dengan melekat pada pagar, semak belukar dan bahkan di pohon.
Setelah sekitar 120 atau sekitar  150 hari pematangan, tanaman labu Siam dapat mulai memproduksi bunga. Dan bunga-bunga inilah yang akhirnya berkembang menjadi sayuran.


Di Indonesia labu siam ini sangat lazim dikonsumsi atau dimasak menjadi aneka kudapan, mulai dari sayur, oseng dll. Rasanya enak, juga memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Sayur yang memiliki getah berwarna susu ini sering dipercaya sebagai obat aneka penyakit, mulai dari menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan hingga mencegah kanker.

Kandungan nutrisi lain sayuran ini adalah berisi folat, yang sangat membantu untuk sel dan DNA sintesis. Wanita hamil dapat memperoleh manfaat dari folat juga, karena membantu menghambat cacat tabung saraf di antara bayi.

Labu Siam juga memiliki sejumlah kecil antioksidan flavonoid aglycone dalam apigenin dan luteolin. Kandungan ini sangat penting dalam membantu memerangi radikal bebas dan spesies oksigen reaktif (ROS) dalam tubuh yang keduanya berperan dalam penuaan dan perkembangan kanker seperti yang sudah disebutkan diatas.

Kandungan Nutrisi Labu Siam:

Jika Anda sedang mencari sayur dengan rendah kalori sehat dan lezat, labu Siam mungkin pilihan yang sempurna. Chayote hanya berisi 19 kalori per 100-gram, sempurna bagi mereka yang ingin mengontrol berat badan mereka tetapi tidak ingin berkompromi pada rasa. Ambil mengintip di banyak nutrisi labu Siam dalam tabel di bawah ini

Dalam ukuran 100gr

Lalu apa manfaatnya untuk Kesehatan?

Sudah disinggung sedikit diatas tentang kandungan nutrisi pada labu siam. Berikut ini ada beberapa manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Anti Kanker
Labu Siam mengandung antioksidan fenolik Poli flavonoid yang dapat mengikat radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Jika radikal bebas tidak dianggap, dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Itu sebabnya jika Anda mengkonsumsi labu secara teratur dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

2. Bagus untuk wanita Hamil
Kandungan folat (vitamin B9) dalam labu Siam sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi wanita hamil penelitian menunjukkan bahwa kekurangan folat selama kehamilan akan menyebabkan masalah kesehatan bagi bayi seperti yang sudah disebutkan diatas. Hindari ini dengan mengkonsumsi labu Siam untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan wanita hamil.

3. Untuk Mengobati Anemia
Kekurangan zat besi dapat membuat seseorang rentan terhadap anemia. Penyakit ini membuat penderita merasa lemah, lelah dan sering pingsan jika terlalu lelah. Untuk mengatasi masalah ini Anda dapat mengkonsumsi dengan memasak sayuran Siam labu. Kandungan vitamin besi di labu Siam dapat membantu hemoglobin mengikat oksigen. Sehingga sayuran ini dapat mengatasi anemia dalam tubuh manusia.

4. Membantu Diet Sehat
Kandungan serat  labu siam tak hanya dapat menunda lapar, melainkan dapat membuang lemak tubuh. Kandungan kalori dalam labu siam hanya 19 kalori setiap 100 gramnya (seperti yang terlihat dalam tabel) sehingga dapat menjadi menu penyusut lemak yang cepat.

Demikian manfaat dari sayuran Labu Siam (Chayote) dalam tubuh, mudah-mudahan bermanfaat. Lihat juga manfaat sayuran lainnya untuk kesehatan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar