Skip to main content

6 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh Manusia


Ketumbar adalah bumbu populer yang digunakan dalam masakan Mediterania dan Asia. Sementara biji ketumbar dipanggang dan dimakan sebagai camilan sendiri, daun segar musim berbagai hidangan tradisional di India, Thailand, Cina, Italia, Yunani, Inggris dan masakan Meksiko. Yang paling penting, baik bumbu segar dan kering memiliki profil gizi yang mengesankan dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh manusia.


Ketumbar tergolong famili apiaceous, yang lebih dikenal sebagai keluarga wortel. Keluarga ini terdiri dari banyak terkenal dan baik-untuk-kesehatan tanaman seperti seledri, peterseli, jintan, ubi dan tentu saja wortel. Tidak seperti anggota keluarganya, ketumbar dapat tumbuh sepanjang tahun dan ini membuat ramuan dengan bahan ketumbar banyak digunakan di seluruh dunia.

Aroma dan rasa yang unik telah menyebabkan ketumbar menjadi sangat penting dalam penggunaan kuliner. Meskipun semua bagian dari tanaman ini dapat dimakan, daun ketumbar dan biji ketumbar yang paling sering digunakan. Daun, juga dikenal sebagai Cilantro, dan biji ketumbar memiliki manfaat kesehatan  untuk tubuh manusia yang melimpah. 

Berikut 6 manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh;

1. Membantu sistem pencernaan
Daun ketumbar membantu dalam sistem pencernaan dan mencegah perut kembung ketika dicampur dengan air panas. Mereka juga membantu sekresi yang tepat dari enzim dan cairan pencernaan di perut dan mencegah anorekexia. Daun ketumbar adalah sumber yang baik dari roughage dan serat juga, sehingga menghilangkan masalah pencernaan.

2. Sumber mineral dan vitamin
Ketumbar adalah sumber besar mineral dan vitamin penting. Menjadi kaya besi, ketumbar membantu orang dengan tingkat hemoglobin yang lebih rendah dan bisa juga digunakan sebagai obat  anemia. Magnesium juga ditemukan dalam ketumbar, dan ini membantu dalam fungsi yang tepat dari sistem saraf dan memperkuat tulang.  Jus ketumbar dikenal sebagai sumber yang baik vitamin A, B dan C.

3. Sebagai Anti-Oksidan
Ketumbar mengandung anti-oksidan yang membantu membuat  tubuh yang sehat. Anti-oksidan adalah molekul yang membatasi oksidasi molekul lain dalam tubuh. Mereka membantu dalam pencegahan risiko terkait penyakit  jantung. Anti-oksidan juga telah ditemukan membantu dalam mencegah penyakit saraf seperti Parkinson dan penyakit Alzheimer.

4. Untuk Obesitas dan Penderita Diabetes
Di dalam ketumbar terdapat kandungan nutrisi yang juga bermanfaat bagi orang obesitas dan diabetes. Ini membantu dalam pengurangan lemak dan dengan demikian membantu penurunan berat badan. Ketika dimakan segar dan mentah, ketumbar sangat mengurangi tingkat gula. Mengunyah mentah daun ketumbar juga membantu orang yang menderita sakit bronkitis dan sakit asma.

5. Untuk Kesehatan Kulit
Ketumbar efektif dalam meredakan kondisi dermatologis. Ketika dicampur dengan kunyit bubuk atau pasta, ketumbar mengurangi jerawat dan memberikan perlindungan dari eksim, kekeringan dan infeksi jamur. Penelitian telah menunjukkan bahwa daun ketumbar memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang meningkatkan kesehatan kulit dan membantu melawan penyakit seperti konjungtivitis.
Secara tradisional, daun ketumbar yang dicampur dengan air ditemukan efektif dalam mengurangi panas yang berlebihan dari tubuh. Mereka juga digunakan untuk pengobatan Chelation, yaitu penghapusan logam berat sebagai merkuri, aluminium dan timah dari tubuh.

6. Biji Ketumbar
Biji ketumbar kering dan dipanggang dapat digunakan sebagai sebagai bumbu. Hal ini sudah lazim di gunakan oleh masyarakat di Indonesia.  Mereka adalah sumber kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat dari tubuh karena adanya asam linoleat, asam askorbat, asam sterat dan asam palmitat. 


Biji ketumbar juga mendukung sekresi hormon yang tepat dan mencegah gangguan menstruasi. Untuk hasil terbaik, biji ketumbar harus direndam semalam dalam air dan kemudian dikonsumsi. Minyak diekstrak dari ketumbar bertindak sebagai antiseptik yang sangat baik dan dengan demikian itu sangat membantu dalam menyembuhkan sariawan.

Itulah beberapa manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh. Terakhir untuk diperhatikan adalah ketumbar ternyata dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Sehingga disarankan untuk  memperhatikan gejala alergi jika ada. Gejala alergi ini biasanya ditunjukkan ketika makan ketumbar untuk pertama kalinya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar